Rabu, 14 November 2012

Selamat menyambut tahun baru masehi 1434

    بِسْمِ ٱللَّهِ ٱلرَّحْمَـٰنِ ٱلرَّحِيمِ
selamat menyambut tahun baru masehi 1434.                     Marilah kita bersyukur kepada allah SWT. karena kita masih bisa di beri nafas pada hari ini dan masih bisa menikmati nikmat Allah yang di berikan kepada kita. Muharam adalah bulan mulia di sisi Allah SWT..sebagaimana Allah telah berfirman yang artinya:


"sesungguhnya bilangan bulan-bulan di sisi Allah ialah dua belas bulan, (yang telah di tetapkan) Dalam kitab Allah semasa Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan yang di hormati. ketetapan yang demikian itu ialah agama yang betul lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan-bulan yang di hormati itu (dengan melanggar larangan-Nya) dan perangilah kaum kafir musyrik seluruhnya sebagaimana mereka memerangi kamu seluruhnya dan ketahuilah sesungguh Allah beserta orang-orang yang bertaqwa."  (At_Taubah 9:36)

Maksud bulan muharam yang di sebutkan dalam ayat di atas di jelaskan dalam sepotong hadist riwayat al-bukhori dan muslim daripada abi bakhrah r.a (maksudnya) :

" ketahuilah bahwa sesungguhnya zaman beredar sebagaimana keadanya pada hari Allah menciptakan langit dan bumi. satu tahun terdiri dari dua belas bulan. mpat dari padanya adalah bulan haram, yaitu empat bulan berturut-turut Zul kaedah, zulhijah, Muharam dan rajab di apit oleh jamadil akhir dan sya'ban"

Di dalam ayat di ats Allah melarang manusia melakukan kejahatan dan kedzaliman pada bulan muharam ini.
Apakah ini bermaksud pada bulan-bulan lain kejahatan dan kedzaliman tidak di larang???...
Al-qurtubi menjelaskan bahwa  Allah menyebutkan bulan muharam secara khusus sebagai bulan yang di haramkan melakukan kejahatan dan kedzaliman sebagai tanda memuliakan bulan tersebut. padahal yang di namakan kejahatan dan kedzaliman mesti di larang sepanjang masa.
Untuk itu, marilah kita saling asih mengasihi diantara kita,,,jangan ada lagi pertengkaran dan permusuhan
dan semoga di tahun baru ini menjadi tahun yang lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya....amiiin

وَٱلْعَصْرِ ١
إِنَّ ٱلْإِنسَـٰنَ لَفِى خُسْرٍ ٢
إِلَّا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَعَمِلُوا۟ ٱلصَّـٰلِحَـٰتِ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلْحَقِّ وَتَوَاصَوْا۟ بِٱلصَّبْرِ ٣

bubur asyura" Demi massa
Sesungguhnya manusia dalam kerugian
Kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shaleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran "





Tidak ada komentar:

Posting Komentar